Profitabilitas Sertifikasi SMK3 Konstruksi untuk Kontraktor

Perkembangan pembangunan properti di Indonesia sedang tumbuh dengan sangat mengesankan, setiap tahun akan ada ribuan proyek baru baik dari pemerintah maupun swasta. Hal ini memicu tingginya permintaan pekerja di bidang konstruksi dan semakin banyaknya kontraktor yang menangani mega proyek. Dan untuk proyek besar yang mengerahkan lebih dari 100 orang pekerja, perusahaan haruslah memiliki sertifikasi SMK3 Konstruksi. Namun demikian mendapatkan sertifikasi tersebut Terkadang ada kesulitan karena tidak semuanya paham. Namun jangan khawatir karena kita bisa meminta bantuan pada konsultan khusus.

Sertifikasi tersebut selain bisa memenuhi syarat ketentuan yang ditetapkan oleh Depnaker juga sebetulnya bisa memberikan beberapa kelebihan dan keuntungan lain. Hal itu lebih jauh akan berdampak pada Kemajuan dan perkembangan bisnis perusahaan itu sendiri. Kita akan bisa memiliki tenaga ahli yang handal para pekerja yang bisa bekerja sesuai dengan target dan juga dengan aman tanpa ada resiko lain. Ini juga bisa berdampak pada murahnya premi dari asuransi yang kita bayarkan untuk para pekerja tersebut.

Apakah perusahaan Anda telah bersertifikat SMK3 Konstruksi? Pelajari bagaimana cara dapat profitabilitas sertifikasi smk3 konstruksi untuk kontraktor

Profit Memiliki Sertifikat SMK3 Konstruksi

Sertifikasi SMK3 Konstruksi mutlak harus dimiliki oleh perusahaan konstrusksi atau kontraktor dalam menjalankan proyek-proyek besar. Ini merupakan bentuk dari kepatuhan perusahaan pada regulasi yang dibuat oleh pemerintah untuk menjamin kesehatan dan keselamatan kerja para pekerja konstruksi. Hal ini perlu, karena proyek konstruksi dapat sangat membahayakan pekerja saat di tempat kerja. Oleh karena itu, perlu standar kerja khusus yang perlu diberlakukan di lapangan.

Pemenuhan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) konstruksi bukanlah peroalan mudah setidaknya akan ada 166 kriteria yang harus dipenuhi. SMK3 sama halnya dengan standar OHAS 18001 yang juga merupakan standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (internasional). Dengan memiliki sertifikasi SMK3 Konstruksi perusahaan akan mendapat beberapa keuntungan.

  • Sebagai bukti atas komitmen perusahaan atau kontraktor untuk patuh dengan standar dan regulasi yang dibuat pemerintah. Hal ini akan memberikan kesempatan lebih bagi perusahaan untuk memenangkan tender proyek dari pemerintah.
  • Meningkatkan keselamatan kerja para pekerja di lapangan. Kecelakaan konstruksi mungkin akan sangat merugikan pihak perushaan dari berbagai aspek, terutama finansial dan kepercayaan dari pemberi proyek.
  • Perusahaan akan mendapatkan poin bagus dari para investor atau pemberi proyek. SMK3 Konstruksi dapat menjadi potofolio bagus bagi perusahaan konstruksi yang sedang menawarkan jasa konstruksinya.
  • Sistem manajemen proyek akan lebih teratur dan efektif, selain itu akan membuat perusahaan kuat secara hukum.

Itulah profit atau keuntungan bagi perusahaan yang memiliki sertifikat smk3 Konstruksi. Anda dapat menghubungi konsultan SMK3 terbaik untuk mengetahui dan menilai, apakah standar dari perusahaan Anda telah memenuhi segala aspek yang disyaratkan oleh Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) untuk menggelar proyek konstruksi.