Cara Membuat Akte Kelahiran, Inilah Syarat & Manfaatnya!

Akte kelahiran merupakan sebuah dokumen yang merupakan bukti kuat waktu kelahiran seseorang dan di akui secara syah oleh hukum. Akte kelahiran merupakan dokumen yang sangat penting sekali, banyak manfaat dan kegunaannya. Namun cara membuat akte kelahiran ada syarat-syaratnya yang harus anda penuhi.

Apa definisi akte kelahiran?

cara membuat akte kelahiran yang hilang

Secara definisi akte kelahiran bisa di artikel sebagai bukti yang menunjukan tentang status dan juga kejadian sebuah kelahiran. Biasanya akta kelahiran ini di keluarkan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil. Seorang anak atau bayi yang baru saja lahir, biasanya akan dilaporkan kelahirannya lalu kemudian akan terdaftar dalam kartu keluarga. Kemudian juga akan memiliki nomor induk kependudukan (NIK) yang mana itu sebagai dasar untuk mendapatkan layanan dari pemerintah.

Apa fungsi akte kelahiran?

Akte kelahiran bagi setiap orang merupakan hal penting yang wajib di miliki agar di akui sebagai warga negara Indonesia. Sementara bagi negara akte kelahiran berfungsi sebagai bukti tanggung jawab pemerintah untuk melindungi setiap warga negaranya.

Manfaat utama akte kelahiran

Dari sisi manfaatnya ada banyak sekali manfaat akte kelahiran, diantaranya seperti:

  1. Menunjukan ikatan secara hukum dan bukti syah antara anak dengan orang tuanya
  2. Sebagai bukti awal identitas resmi yang di akuinya secara syah data bayi sebagai warga negara Indonesia

Kegunaan lain akte kelahiran

Manfaat lain akte kelahiran adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai pelengkap syarat masuk sekolah sampai kuliah
  2. Sebagai syarat pembuatan data kependudukan
  3. Syarat untuk melamar pekerjaan baik dinas maupun swasta
  4. Sebagai hak pilih
  5. Sebagai dokumen resmi hak waris
  6. Syarat pembuatan paspor
  7. Sebagai syarat perkawinan
  8. Syarat pembuatan SIM

 Syarat pembuatan akte kelahiran

  1. Surat kelahiran dari dokter atau penolong kelahiran
  2. Identitas saksi kelahiran
  3. KK orang tua
  4. KTP orang tua
  5. Surat nikah orang tua

Proses cara membuat akte kelahiran

cara membuat akte kelahiran anak di bandung

Cara membuat akte kelahiran tidaklah sulit. Anda sebagai orang tua tinggal mempersiapkan semua persyaratan yang  di butuhkan saja kemudian kunjungi dinas kependudukan dan catatan sipil.

Namun perlu diperhatikan bahwa jika anda sedang melakukan proses kelahiran bukan di tempat tinggal melainkan di tempat di tempat domisili. Dalam hal ini perlu anda cermati undang-undang no.23 tahun 2006 tentang pencatatan kelahiran yang berubah menjadi UU no.24 tahun 2013, nah dalam undan-undang tersebut pencatatan kelahiran bukan berdasarkan tempat tinggal melainkan berdasarkan domisili tempat tinggal.

Nah maka dari itu anda sebaiknya mengunjungi dinas kependudukan dan pencatatan sipil domisili anda saat ini dengan membawa berkas lengkap sebagai syarat pembuatannya.

Bagaimana jika telat melapor akte kelahiran?

Jika anda telat melakukan pelaporan kelahiran bayi anda maka akte bayi anda bisa saja dibuatkan sebagai bukti legal kelahiran. Namun, ada denda yang harus dibayarkan yaitu sebesar Rp.1.000.0000 oleh orang tua.

Itulah proses cara membuat akte kelahiran dan syarat serta manfaat yang akan anda dapatkan. Silahkan anda coba dan lakukan sendiri.